Mengenal hosting dan domain…

Berbicara tentang hosting dan domain, berarti kita sedang berbincang mengenai dunia maya alias internet. Lalu apa pentingnya berbicara tentang semua ini?

Tak bisa kita pungkiri, bahwa kebutuhan akan internet seakan menjadi kebutuhan yang mendesak dan sangat penting. Kenapa? Karena di era sekarang, era dimana teknologi menjadi primadona penunjang kehidupan, bahkan menjadi sumber dalam mencari penghidupan, internet sering dijadikan icon teknologi. Orang yang melek internet adalah orang yang melek teknologi. Itulah opini yang berkembang di masyarakat kita.

Apa itu internet?

Internet adalah sekumpulan komputer atau server yang saling terhubung satu sama lain melalui berbagai macam media (kabel, radio, satelit dll). Komputer-komputer tersebut letaknya tersebar di seluruh belahan dunia sehingga memungkinkan terbentuknya suatu jaringan informasi global. Sekumpulan komputer di suatu tempat memiliki jenis dan karakteristik yang tidak sama dengan tempat-tempat lain, namun semuanya dihubungkan oleh suatu protokol standard yang sama yang disebut TCP/IP (Transfer Control Protocol/Internet Protocol).

sketsa internet

sketsa internet

Bagaimana dengan hosting dan domain?

Jadi begini, bila kita berselancar di internet, hal pertama yang kita lakukan pastinya adalah membuka aplikasi yang disebut browser. Apa itu browser? Browser adalah software atau aplikasi yang digunakan untuk menampilkan halaman web, dan berinteraksi dengan file-file yang berkenaan dengan web tersebut. Contoh browser yang terkenal adalah firefox, google chrome, opera, safari, internet explorer, dll. Apa itu web? Web adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain. Jadi intinya, yang kita cari dalam berinternet adalah informasi yang tertampung dalam web. Dan web itu tidak akan bisa terakses publik, bila tidak memiliki alamat domain dan tempat yang menampung web tersebut.

ilustrasi berselancar di internet

ilustrasi berselancar di internet

Jadi, apa itu hosting? Dan apa itu domain?

Gampangnya, hosting adalah ruang atau tempat penyimpanan web secara terbuka agar dapat diakses melalui internet secara publik. Sedangkan domain adalah alamat yang menunjukkan letak web tersebut berada.

Ibarat sebuah bangunan, ia pasti memiliki alamat tertentu dan menempati lahan tertentu. Begitu pula web, yang memerlukan alamat tertentu berupa nama domain dan menempati lahan tertentu berupa ruang hosting.

analogi web, hosting dan domain

analogi web, hosting dan domain

Lalu, bagaimana bila kita ingin berbagi informasi dengan orang lain melalui internet?

Tidak bisa tidak, pasti kita butuh yang namanya web. Seperti blog saya ini. Saya berbagi informasi dengan menuliskannya pada blog saya ini. Pada dasarnya, blog dan web mempunyai fungsi yang sama, yakni menampung informasi. Hanya saja, blog lebih berisikan catatan yang beruntun (sesuai urutan waktu), itu karena blog sendiri adalah singkatan dari web log.

Nah, blog saya ini, pasti memiliki nama dan memiliki ruang penyimpanan. Dengan kata lain, blog saya ini memiliki domain dan hosting. Namun yang perlu diketahui bahwa blog saya ini dibuat secara gratis, dengan cara menumpang hosting pada wordpress.com. Itu artinya, blog saya ini numpang hosting di tempat hostingnya wordpress.com, dan domainnya pun numpang wordpress.com dengan nama “nikoarwenda.wordpress.com”.

Nah, kalau blog saya ini kan domain dan hostingannya numpang. Kalau yang nggak numpang itu seperti apa?

Yang nggak numpang, atau bisa disebut mandiri adalah web yang memiliki domain dan hosting sendiri. Ini berarti kita perlu membeli nama domain dan menyewa ruang hosting. Nama domain dan ruang hosting ini bisa kita dapatkan di tempat penyedia jasa hosting, contohnya seperti Jagoan Hosting Indonesia.

Bagaimana cara order domain dan hosting?

Kita hanya tinggal mengontak jasa penyedia hosting. Bisa order via telpon, atau order via online internet.

Langkah pertama adalah menentukan nama domain yang akan kita pesan, yang biasanya juga tersedia di semua jasa penyedia hosting. Nama domain kadang juga disebut URL (Uniform Resource Locator) atau nama situs web. Nama domain ini memiliki sistem penamaan yang biasa disebut DNS (Domain Name System), yang terdiri dari nama, diikuti dengan ekstensi, berupa TLD (top level domain) umum seperti: .com, biz, org, edu, net, atau TLD ranah lokal seperti: .co.id, sch.id, go.id, dll. Untuk mengetahui apakah nama domain yang kita inginkan itu tersedia, bisa dicek di sini. Masukkan nama domain yang kita inginkan, dan pilih ekstensi atau TLD yang diinginkan dengan klik combo box seperti di bawah ini:

cek ketersediaan nama domain

cek ketersediaan nama domain


Setelah nama domain yang kita inginkan tersedia, maka tahap selanjutnya adalah menyewa ruang hosting. Sebagai contoh, kita akan mencoba memilih “situsbelajar.com” sebagai nama domain. Maka setelah memasukkan kata “situsbelajar” pada text box seperti gambar di atas, klik tombol “order now”. Maka akan didapati halaman berikutnya, yakni halaman daftar pesanan. Pilih domain name situsbelajar.com, lalu klik “tambah ke daftar belanja”.
pilih nama domain yang tersedia

halaman pilih domain


Klik tulisan “…untuk menambahkan” untuk memesan jasa ruang hosting, seperti gambar di bawah ini:
daftar belanja

halaman keranjang belanja


Setelah itu akan didapati halaman berikutnya, yakni:
memilih kategori atau paket hosting

halaman pilih kategori hosting


Pilih kategori dan jenis paket hosting. Paket hosting menentukan berapa besar space (ruang yang disediakan untuk menyimpan data web) dan bandwidth (lebar komunikasi data). Klik tombol “Klik untuk melanjutkan”, lalu ikuti instruksi selanjutnya. Oh iya, bila kita belum mendaftar sebagai member di tempat hosting (dalam hal ini berarti Jagoan Hosting Indonesia), kita pasti diminta registrasi untuk menjadi member. Namun tenang saja, instruksi yang diberikan sangat mudah, atau tinggal kontak saja customer service Jagoan Hosting untuk membantu.

Setelah nama domain dan hosting kita miliki, tahap selanjutnya adalah membuat web yang akan kita fungsikan sesuai keinginan kita. Di tempat hosting mayoritas menerima pemesanan pembuatan web juga, jadi kita bisa membeli jasa penyedia hosting untuk mendesainkan web kita, atau bisa juga dengan menggunakan layanan web generator yang biasanya tersedia di panel yang menjadi satu paket dengan layanan sewa hosting. Fungsi lain yang bisa kita dapat adalah fasilitas email dengan domain sendiri, database online, dll.

Bagaimana? Kebayang nggak? Untuk lebih jelas, bisa dilihat ilustrasi apa itu domain dan hosting dalam video berikut:

Sekarang sudah tahu kan, apa itu domain dan hosting? Jadilah pengguna internet yang cerdas. Jangan hanya suka ngenet, tapi asing dengan istilah-istilah internet. Pesan yang tak kalah penting adalah mari kita gunakan media internet dengan baik dan benar. Banyak sekali ilmu yang bermanfaat yang bisa kita dapatkan melalui internet, yang akan mengantarkan kita kepada keberhasilan. Namun banyak juga hal-hal negatif yang dapat menjerumuskan kita ke dalam lembah kehinaan. Semoga bermanfaat, terimakasih.

(sumber : beberapa informasi dari wikipedia, beberapa gambar dari Jagoan Hosting, video dari youtube)

18 Responses so far »

  1. 1

    Kalo gitu ditunggu nikoarwenda.com nya… :mrgreen:

  2. 3

    chokoreetoz said,

    wah.. artikelnya lumayan lengkap juga. Ditambah sketsanya dibikin sendiri..
    huehehehe.. good work boys..
    moga menang ya.. ^^

  3. 5

    neng ucrit said,

    review yang komplit, ilustrasinya bagus..

    pk balsamic mockup bukan?

  4. 7

    dedy said,

    thanks yachhhh infonya membantu banget………..
    boleh nitip link di sini ga’…..

  5. 9

    simeyonk said,

    wah penjelasan yang komplit dan mudah dipahami.
    saya jadi lebih mengerti tentang apa itu hosting dan domain :)
    *btw animasi flash nya sepertinya kenal pake suara siapa :)) sumpah ngakak

    btw bermanfaat banget,terus berkarya bro

  6. 11

    dh3@5h said,

    mangstaf … (rock) kenal ama si @itachi juga (panic) wah ternyata @dotslash orang terkenal euy … (blush) btw slamat-slamat … (cozy) :salam kenal: btw ane link yau kesini (worship)

  7. 15

    Adib mahdy said,

    Manteb Bro…Paham aq….salam kenal ya Bro

  8. 17

    Bintang said,

    Blogwalking ya mas ^^ saya sambil review2 hostingan juga nih, heheh untuk saat ini saya pakai hosting di http://jaringanhosting.com/ , share info terus ya masbro


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 620 other followers

%d bloggers like this: