Networking

Printer sharing minta restart…

Setelah selesai melakukan settingan share printer, saya menemui permasalahan yang cukup membuat saya pusing. Pertama setelah komputer hidup, printer yang dishare tersebut bisa digunakan, baik oleh komputer tersebut ataupun komputer lain dalam satu jaringan. Setelah beberapa menit tidak digunakan, printer tersebut not responding. Printer tersebut tidak bisa digunakan, baik oleh komputer tersebut maupun komputer lain dalam satu jaringan.

User telah melakukan printing pada printer tersebut, namun document yang ingin diprint tersebut tidak segera terprint, padahal di statusnya terlihat kata-kata printing. Namun printer status dalam control panel – printers and faxes, terlihat angka 1, yang hal ini berarti printer sibuk alias sedang printing. Setelah menunggu beberapa menit, akhirnya saya putuskan untuk merestart printer, namun hal ini tidak juga berhasil.

Kabel-kabel yang berhubungan dengan printer telah tersambung, namun tidak juga melakukan proses printing. Pada saat itu, printer yang digunakan adalah printer Brother HL 2040 yang telah berumur 1 tahun dan baru saja terservice. Setelah restart printer tidak berhasil, saya mengambil jalan terakhir, yakni merestart komputer, dan alhamdulillah printer bisa digunakan. Namun hal tersebut terus berlanjut, hingga user pengguna printer tersebut meminta saya untuk mengatasi permasalahan printer yang minta restart terus ini.

Setelah melakukan percobaan dan informasi-informasi mengenai pesan error pada komputer yang melakukan print, kami mendapatkan kesimpulan bahwa yang menjadi penyebab tersebut adalah memory yang kurang. Pada saat saya lihat, ternyata memory yang terpasang hanya berukuran 128 MB, dan alhasil saya harus menambahnya. Namun, ketika saya lihat, ada memory yang kurang menancap dengan baik, dan ketika saya sempurnakan tancapannya, alhamdulillah saya tidak perlu menambahkan memory lagi.

2 thoughts on “Printer sharing minta restart…

Leave a Reply

