Pengalaman

Pajak untuk kehidupan yang lebih baik…

Pajak? Siapa yang mau bayar pajak? Tiba-tiba pikiran tentang pajak terlintas di pikiran anak kecil yang telah dewasa ini (aku maksudnya). Pajak apa dulu nih? Pajak penghasilan tentunya. Wah, wah, sebenarnya aku pun heran, kenapa juga sebegitu antusias mendaftarkan diri untuk menjadi wajib pajak? Kayak orang kaya aja berani-berani pengen bayar pajak. Wong makan aja gak teratur gitu karena uang yang kurang mencukupi.

Kemarin (21/11/08), gara-gara manager yang tiba-tiba ngeprint formulir pendaftaran pajak pribadi dan SKT (Surat Keterangan Terdaftar) Sementara untuk mendapatkan kartu NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), aku pun berpikiran pengen juga ikut daftar. Aku pun segera menuju situs pajak dan langsung mendaftarkan diri.

Untuk mendaftarkan diri menjadi wajib pajak, kita harus mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan account di situs pajak milik Direktorat Jenderal Pajak Indonesia tsb. Setelah login, barulah kita dapat mengisi formulir pendaftaran yang disebut Formulir Registrasi Wajib Pajak Orang Pribadi.

Sudah selesai? Belum. Setelah registrasi online selesai, kita harus mengirimkan formulir registrasi dan surat keterangan terdaftar sementara dalam bentuk hardcopy beserta fotokopi KTP atau surat identitas lain ke KPP (Kantor Pelayanan Pajak) yang telah ditentukan, bisa diantar atau via pos. Jika telah resmi menjadi wajib pajak, maka kita akan menerima balasan dari KPP tersebut berupa kartu NPWP dan SKT. Selesai!

Sekedar informasi, walau jumlah penghasilan kita belum melebihi PTKP (Penghasilan Kena Pajak) yang berarti pajak yang wajib kita bayar adalah Rp. 0,- namun sebagai warga negara yang telah berpenghasilan, kita wajib untuk mendaftarkan diri dan memiliki NPWP. Untuk daftar PTKP bisa kita lihat pada tabel berikut:

Tabel PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak) Mulai 1 Januari 2006

Keterangan Jumlah kena pajak (Rp.)
Setahun Sebulan
Diri pegawai Rp. 13.200.000,- Rp. 1.100.000,-
Tambahan istri yang penghasilannya digabung Rp. 13.200.000,- Rp. 1.100.000,-
Tambahan untuk pegawai yang telah menikah Rp. 1.200.000,- Rp. 100.000,-
Tambahan untuk setiap anggota keluarga sedarah dan semenda dalam garis keturunan lurus, serta anak angkat yang ditanggung sepenuhnya, maksimal 3 orang Rp. 1.200.000,- Rp. 100.000,-

Lalu berapakah pajak yang harus kita bayar bila pendapatan kita melebihi PTKP? Lihat daftar tarif pajak perorangan sbb:

Tarif Pajak Perorangan

Penghasilan per bulan (Rp.) Tarif
>PTKP (Rp.) s/d Rp. 25.000.000,- 5%
>Rp. 25.000.000,- s/d Rp. 50.000.000,- 10%
>Rp. 50.000.000,- s/d Rp. 100.000.000,- 15%
>Rp. 100.000.000,- s/d Rp. 200.000.000,- 20%
>Rp. 200.000.000,- 25%

Mau tahu lebih lanjut soal Wajib Pajak Pribadi? klik di sini. Semoga bermanfaat. (sumber:http://pajak.go.id)

23 thoughts on “Pajak untuk kehidupan yang lebih baik…

  1. wah wah,…

    @tysa: eya…eya…eya… Ya belum lah es, kan blm melebihi PTKP, lagian aku jg blm ngurus NPWP ke KPP deket rumah, mungkin idul adha nanti sekalian pulang, ehehehe..
    gosip2 sih, mulai 1 Januari 2009, PTKP dinaikkan yang semula Rp. 1.100.000,-/bulan menjadi Rp. 1.400.000,-/bulan, dst

    @anu31: salam kenal juga (kayak ga kenal ae), trims udah mau berceloteh, soal bayar pajak, ya emang berat sih, bawaannya males memang, ngomong2 situ udah wajib pajak? wah wah,..
    gosip2 sih, mulai tahun 2009, pemerintah ugal-ugalan dlm memberikan denda bagi siapa2 yang “bandel” bayar pajak, akan dikenai tambahan sebesar 20% dari pajak yang seharusnya, hayo koe??

  2. eh eh, jangan rebutan siapa yg jadi pikachu, mending tenyomimut jadi jynx aja, ok ndu?
    andyan tetep pikachu & aku togepi, eheheh..

    @tenyomimut: kita sekarang lg bahas pokemon yg mau bayar pajak, ok!

  3. ihihihi..
    ya nggak sama donk, metapod kan nggak sejelek jynx :p
    ntar kalau udah evolusi jadi butterfree kan jadi cantik banget!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s