Networking

Transfer domain…

Senangnya. Setelah kurang lebih 20 hari, terhitung mulai tanggal 29 April 2009, syukur alhamdulillah prosesi transfer domain berhasil. Proses yang begitu melelahkan menurut saya. Sekedar informasi saja, untuk proses transfer domain, beberapa hal yang harus kita ketahui adalah:

  1. Pastikan domain tidak expired,
    atau minimal 3 bulan kemudian baru expired
  2. Kode epp domain kita,
    epp adalah kode unik yang dimiliki tiap domain, yang berfungsi sebagai index dari suatu domain
  3. Username dan password domain manager,
    hal ini sangat dibutuhkan, sebab untuk melihat kode epp, alokasi dns, setting whois domain, dll pokoknya segala sesuatu yang berhubungan dengan manage domain ada pada halaman domain manager yang memerlukan username serta password ini (username adalah alamat email registrar – pemilik domain)
  4. Pastikan domain tidak dilock,
    hal ini bisa diatur pada halaman domain manager 
  5. Pastikan email registrar atau email kontak domain manager aktif,
    hal ini sangat diperlukan untuk melakukan approve transfer domain yang dikirim melalui email registrar
  6. Jangan sungkan untuk mengontak teknisi yang bersangkutan,
    dikarenakan ada banyak keperluan yang diperlukan, baik billing maupun status domain kita nantinya
  7. Siapkan uang saat itu juga,
    dalam hal ini langsung transfer ke rekening yang telah ditentukan, agar proses transfer dengan segera ditangani


Kalau hal-hal di atas telah kita dapatkan, maka kita telah siap untuk melakukan proses transfer domain. Lakukan setup hosting, pilih transfer domain. Setelah itu kita pasti dimintai kode epp domain kita. Kalau sudah selesai setup, cermati metode pembayaran serta catat nomor rekening dan deadline tagihan. Proses transfer baru dimulai ketika pembayaran sudah dilakukan, untuk itu segeralah konfirmasi apabila pembayaran selesai. Anda akan dimita untuk mengunlock domain, bila teridentifikasi domain masih dalam posisi terkunci (lock). Jika sudah, pastikan Anda segera mendapati email yang berisi link untuk proses approve transfer. Bila sudah, Anda akan diharap untuk menunggu, maksimal 7 kali 24 jam untuk mendapat kabar bahwa transfer sukses.

Namun kenyataan tak semulus teorinya, seperti hal yang saya alami. Saya melakukan transfer domain dari rumahweb ke masterweb (MWN). Hal yang paling memusingkan dan mengulur waktu adalah saat menanti email approval dari info@transfer-approval.com.

Sungguh, saya merasa dipermainkan. Saya konfirmasi ke MWN, saya dimintai untuk unlock domain ke rumahweb. Lalu sudah saya request kan ke rumahweb dan telah berhasil saya lakukan, MWN meminta saya untuk menunggu email approval. Setelah berhari-hari saya tunggu, namun tak kunjung jua email approval tsb nongol. Saya konfirmasi ke MWN, saya disuruh melihat email account registrarnya (yang pada saat itu dimiliki oleh Pak Wakadiv). Sebelumnya saya sudah berpesan kepada Pak Wakadiv untuk memforward email masuk terutama yang berhubungan dengan hosting. Beliau pun selalu memforward email tsb ke email saya, namun tak kudapati email approval yang dimaksud. Saya hanya mendapati email bahwa proses transfer telah dimulai.

Tak kunjung jua kudapati email tsb, akhirnya kuberanikan diri untuk merubah account registrar yang semula email Pak Wakadiv menjadi email saya. Setelah berhasil, saya melakukan konfirmasi lagi ke MWN untuk mengulang pengiriman email approval. Katanya sih sudah dikirim ulang, namun selama 24 jam tak kudapati email tsb. Saya komplain lagi, eh malahan saya disuruh menonaktifkan whois domain. Karena saya masih belum tahu, akhirnya saya menanyakan kepada rumahweb untuk menonaktifkan. Saat request, saya ditegaskan oleh pihak rumahweb bahwa untuk whois domain sama sekali tak berpengaruh dalam proses transfer domain. Setelah dinonaktifkan, saya kembali mengonfirmasi pihak MWN, namun lagi-lagi saya dimintai sesuatu hal. Kali ini saya dimintai kode epp terbaru, katanya sih kode epp bisa berganti-ganti. Akhirnya saya mencari dulu kode epp yang baru. Setelah dapat, saya pun beritahukan via ym. Namun teknisinya tidak mau menerima konfirmasi via chatting. Saya pun disuruh mensubmit tiket untuk melakukan konfirmasi tersebut. Huff. Setelah saya submit tiket support, saya pun mendapati balasan email. Lalu saya dikonfirmasi bahwa email approval sudah dikirim ulang untuk kesekian kalinya (ada mungkin sampai 5 kali, bahkan lebih). Setelah saya tunggu 2 jam, akhirnya email approval tsb sampai juga ke inbox saya. Segera saya klik link approvalnya, lalu saya menerima notifikasi bahwa approval telah sukses. Lalu saya diminta untuk menunggu (lagi) untuk proses transfer itu sendiri. Setelah kurang lebih 3 hari, akhirnya, per hari ini [18/05/09], saya mendapati bahwa domain saya telah berhasil dipindahkan ke hostingan yang baru, alhamdulillah. Cukup memusingkan bukan?

Tantangan tak cukup sampai disini, saya harus sesegera mungkin memanage email accounts, lalu file webnya juga harus diatur sebab domain yang saya urus ini adalah domain kantor. Dengan mata sayu, saya tak begitu yakin bisa kelar malam ini. Dengan panel yang berbeda dari sebelumnya (semula cpanel, sekarang spanel) membuat saya harus belajar lagi dalam menggunakannya.

Semoga bisa memberi inspirasi dan manfaat bagi para pembaca. Terimakasih telah mengunjungi blog saya. Sering-sering mampir ya.

3 thoughts on “Transfer domain…

  1. informasi yang sangat bermanfaat gan,,saya juga sekarang lagi prosess transfer domain ke MWN dari niagahoster,,jadi intinya kita harus sabar ya gan,,memang menunggu itu pekerjaan yang sangat menjenuhkan,dan memperhambat waktu.

Leave a Reply

