Pengalaman

The rats attack…

Kalimat tersebut mungkin tepat sekali untuk menggambarkan situasi kantor tempatku bekerja saat ini. Pasalnya, hari ini saja, aku mendapati 2 ekor tikus yang kelayapan di ruangan lantai 2, tempat dimana aku duduk.

Ketegangan memuncak ketika ternyata di kotak penyimpan dokumen yang terletak di depan mejaku terdengar suara “kretuk”. Ternyata suara itu adalah suara tikus yang meloncat dan hinggap di kotak plastik tempat menyimpan dokumen bukti pengiriman barang. Dan itu sangat jelas karena berjarak tak lebih dari 5 meter dari mataku. Dengan hati-hati, aku berusaha mendekatinya, dia malah lari terbirit-birit mendekatiku dan berbelok ke celah sempit komputer samping mejaku. Setelah 30 menit perhatianku tercurah kepada celah sempit tersebut, tiba-tiba dia keluar dan menyelinap dengan sepengetahuanku, berpindah ke ruangan Pak Wakadiv, tempat dimana tikus lain sebelumnya kulihat.

Baiklah, aku ajak ke kejadian 2 jam sebelumnya. Ketika aku asyik input data, eh mataku tiba-tiba tersorot ke arah pintu ruangan Pak Wakadiv. Ternyata ada makhluk kecil lincah yang berusaha keluar, karena pada saat itu posisi pintu tertutup. Aku pun mendatanginya namun si dia malah berlari dan sembunyi di kepadatan meja Pak Wakadiv. Aku pun kembali bekerja. Tak kurang dari 15 menit, dia pun kembali mencoba membuka pintu, namun kali ini dia sungguh nekat. Dengan keahlian memanjat, dia menyusuri protektor kabel yang membingkai pintu. Karena sama sekali tak ada celah untuk keluar kecuali pintu tersebut terbuka, maka si dia tak bisa keluar ruangan. Aku yang tak kuat mematung akhirnya kugerakkan kedua tanganku, seraya si tikus langsung menjatuhkan diri dan berlari kembali ke kepadatan meja Pak Wakadiv. Dan begitu seterusnya hingga tiga kali, dan ini berlangsung kurang lebih satu jam.

Sungguh, aku tak kuasa menahan amarah, ketika mengingat kejadian dua hari lalu, ketika pagi-pagi aku mendapat komplain dari mbak accounting. Katanya line telepon di mejanya tidak berfungsi. Aku pun langsung melihat pengkabelan PABX. Karena aku nggak paham pengkabelan tsb, aku pun memanggil mas PABX. Namun sayang, satu-satunya nomor telepon mas PABX yang aku punya tidak aktif. Siangnya, mbak accounting tersebut mengaku bahwa beliau melihat ada ekor melambai-lambai di kotak perangkat PABX. Dan ekor tersebut adalah ekor tikus. Huwaaa…

Belum selesai dengan tikus PABX, pagi ini pula aku mendapat komplain yang juga berhubungan dengan kabel. Kali ini kabel roll. Kabel roll milik mbak accounting yang lain yang tiba-tiba mati. Akhirnya aku buatkan kabel olor yang baru yang lebih kuat dan keras. Saat aku berkotor-kotor menarik kabel roll yang sudah tak berfungsi itu kudapati ada bagian kabel yang terkupas layaknya tergigit binatang pengerat menyebalkan, dan dia adalah tikus. Sungguh aku repot dibuatnya. Aku sudah berulang kali curhat kepada mas office boy, dan memesan makanan kering tikus “DORA” agar si tikus-tikus itu tau rasa dan sadar bahwa kantor ini bukan daerah kekuasaannya. Namun hingga detik ini mas office boy belum merealisasi permintaanku.

Begitulah serangan tikus yang terjadi akhir-akhir ini. Barangkali ada saudara tikus yang membaca artikel ini, aku mohon dengan sangat, ajaklah mereka pulang dan tolong bilang, jangan pernah lagi menunjukkan batang ekornya kemari, apalagi sampai menganggap bahwa kantor sebagai rumah. Ketahuilah, ini kantor, bukan rumah! Dan bagi pembaca diluar persaudaraan si tikus, saya mohon tipsnya agar si tikus-tikus ini pergi, atau setidaknya tidak merusak segala sesuatu yang berhubungan dengan kabel. Hiks. Terimakasih teman-teman.

2 thoughts on “The rats attack…

  1. loh loh,
    kok malah nyerbu, kan aku bilang, bagi sodaranya tikus, mohon dengan sangat untuk menasehati sodara-sodaranya untuk pulang dan jangan pernah lagi kembali ke daerah kekuasaan kami, bukan malah nyerbu, wah wah wah…

    emang dasar bapaknye tikus..

Leave a Reply

