Komputer

File sistem pada windows korup…

Sekedar sharing pengalaman saja. Sesuai judul, tempo hari ada satu komputer kantor yang bermasalah. Masalahnya cukup familiar sebetulnya. Setelah cpu berhasil melakukan POST (Power-On Self Test), muncul pesan error yang saya lupa catat. Inti pesan tersebut adalah file windows system corrupt. Lalu ada saran untuk recovery dengan cara memasukkan cd installer sistem operasi tersebut. Kebetulan OS komputer yang bermasalah ini adalah xp sp 3, yang kebetulan saya tidak memiliki cd installernya. Ya terpaksa, saya niatkan untuk menginstal ulang saja dengan xp yang lain.

Langsung saja tahap pertama yang saya lakukan adalah backup data. Hardisk saya copot, lalu saya pindahkan ke komputer lain untuk dibackup. Untung di kantor ada konverter kabel dari IDE ke USB. Jadi nggak perlu repot-repot pasang hardisk ke dalam cpu, langsung colok, beres. Tapi saat itu entah kenapa saya kepengen merestart komputer. Waktu selesai booting, tiba-tiba komputer melakukan check disk terhadap partisi hardisk dari cpu yang bermasalah tadi. Saya amati proses check disk tersebut, ternyata banyak sekali file yang bermasalah, kemudian oleh windows langsung direcovery. Perasaan saya mendadak enak, ehehe. Langsung saja, saya pasang kembali hardisk tersebut ke cpu yang bermasalah tadi.

Sambil berdoa, saya menyalakan cpu yang bermasalah tadi. Dan alhamdulillah, logo windows muncul. Alhamdulillah, sistem operasinya berjalan lancar. Senangnya. Dari sinilah saya mendapat ilmu baru. Jadi ketika sahabat menemukan masalah seperti ini, jangan buru-buru instal ulang. Coba saja langkah seperti saya. Bisa juga tanpa menunggu sistem yang melakukan check disk, sahabat bisa mengetikkan comand chkdsk [drive letter] pada comand promp. Misal drive yang bermasalah adalah drive F, maka ketikkan saja chkdsk f: lalu enter. Sistem akan langsung melakukan check disk pada drive F. Bila sahabat memiliki solusi lain, jangan lupa bagi-bagi ya. Semoga bermanfaat, terimakasih.

2 thoughts on “File sistem pada windows korup…

  1. makanya itu,
    aku juga ndak ngerti soalnya itu komputer hasil kanibalis dan usianya sudah setara kakek-kakek untuk ukuran perangkat komputer 😦
    ditambah user yang kurang bisa merawat dan menjaga komputer itu sendiri 😦

Leave a Reply

