Komputer

Driver mobo lama…

Sahabat memiliki PC lama? Atau punya hubungan dengan PC lama? Saya mengalaminya. Dan memang agak sulit ketika kita harus menginstal ulang.

Sekedar sharing saja. Meski rasanya kurang begitu menarik dan bernilai. Sebenarnya ingin saya beri judul “Tips download driver mobo lama”, tapi kesannya kok expert. Jadi begini, tempo hari ada rekan kerja minta dibenerin komputernya. Keluhannya sih lemot. Setelah saya coba amati, ternyata mobo termasuk merk yang tidak terkenal dan familiar. Sebelumnya saya coba dulu masuk sistem dan mencari tahu letak kelemotannya. Alhasil, saat awal load sistem muncul berbagai message box. Setelah saya peer to peer dengan komputer kantor saya kemudian saya scan antivirus, wealah dalah, ternyata banyak virusnya.

Selain itu, sewaktu saya buka dxdiag, saya mendapati ukuran memory yang hanya 256 MB. Lebih herannya lagi, terinstal tema vista yang bikin tambah lemot.

Sebenarnya saya kurang begitu mengerti langkah apa saja yang diperlukan dalam mengatasi komputer lemot. Yang saya tahu dengan cara pengurangan aplikasi yang terinstal, tune up (defrag, maintenance start up, dll), scan antivir serta nambah memory bila memang kurang. Cara terakhir adalah instal ulang. Dan inilah yang terjadi. Malas memang rasanya bila harus menginstal ulang. Terlebih komputer lama yang cd drivernya sudah tidak diketahui keberadaannya. Cara lain ya browsing file download drivernya.

Setelah saya cek tipe mobonya, diketahui EP-5VKM3I. Saya cari di google, ternyata mobo merk EPoX dengan tipe EP-5VKM3I. Saya baru dengar ada merk EPoX. Saya cari link dowload drivernya di web EPox, ujung-ujungnya saya diarahkan ke halaman ftp dan saya dimintai username-password untuk mengakses, tanpa mengetahui apa yang harus saya isi. Akhirnya break pencarian.

Coba satu per satu link yang diberikan om google, namun semuanya merekomendasikan driver-detector atau semacamnya. Sedih rasanya. Akhirnya saya cari lewat device manager untuk mengetahui driver mana saja yang belum terinstal, diketahui VGA dan Sound Drive. Saya cari deh file download installer driver-driver tersebut. Sebelumnya saya cari dulu informasi mengenai tipe VGA dan Sound Drive-nya. Terimakasih untuk om google yang menemani perjuangan surfing. Setelah dapat installernya, saya instal dan alhamdulillah bekerja.

Bagi sahabat yang mengalami masalah seperti ini, jangan khawatir. kalau mentok tidak berhasil menemukan file downloadan driver motherboard, cek melalui device manager, mana saja driver yang belum terinstal lalu cari masing-masing installernya. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

2 thoughts on “Driver mobo lama…

  1. kalau vga dan sound bisa pake driver mobo lama lainnya, asalkan sama.. maksudnya tidak harus ke situs epox itu, kalau kita sudah tau kalau [contoh] vga pakai SIS, dan soundnya pakai realtek..

Leave a Reply

