Kalbu

Apa tujuan hidup ini?

Sahabat, begitu bahagia rasanya hidup ini bila kita tahu apa yang harus kita lakukan saat ini, di dunia yang hanya sementara ini. Sebenarnya untuk apa? Apa yang harus kita lakukan? Terhentak hati ini begitu mendengar sebuah kalimat sederhana pada suatu majelis, yang merupakan jawaban dari pertanyaan ini. Tugas kita di dunia adalah menuruti keinginan Alloh, dan di akhirat nantilah Alloh akan menuruti keinginan kita. Baru kali ini saya mendengar kalimat luar biasa seperti ini.

Lalu? Untuk mengetahui apa kemauan Alloh, maka sebelumnya kita harus mengenal Alloh. Lalu? Dengan apa kita mengenal Alloh? Tentu saja dengan mengenal Rosululloh Muhammad, SAW. Melalui Rasululloh-lah kita tahu apa kemauan Alloh terhadap manusia. Lalu? Apa kemauan Alloh? Dijelaskan dalam QS Adz-Dzariyat [51:56], “Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepadaKu”. Dan pentingnya, bahwa ibadah yang baik dan benar yang akan Alloh terima adalah ibadah yang sesuai dengan tuntunan dan yang dicontohkan oleh Rosululloh Muhammad, SAW. Maka sudah menjadi hal yang wajib untuk mengetahui dan mempelajari kehidupan Rosululloh Muhammad, SAW. Bisa disimpulkan bahwa, “Tujuan hidup kita adalah LA ILLAHA ILLALLOH dengan cara MUHAMMADUR ROSULULLOH”.

4 thoughts on “Apa tujuan hidup ini?

  1. Allhamdullilah……….biarpun kemaren aku g ikut kajian, tp aku g ketinggalan. makasih…..(jadikan hidup jd lebih hidup…..hehehehheheee)

  2. waaaah, kok aneh gitu kata2 yg tebal pertama ???
    kan udah dijelasin pak: “manusia & jin diciptakan hanya untuk beribadah kepada Alloh”, berarti tugas & tujuan kita hidup adalah “BERIBADAH KEPADA ALLOH”.
    “dan di akhirat nantilah Alloh akan menuruti keinginan kita”: bagaimana kita yakin Alloh akan menuruti keinginan kita ? Apakah Alloh udah janji ? Berarti kalo kita ingin sesuatu, Alloh harus turuti gitu ? Bagaimana bisa makhluk sekecil manusia bisa mendikte penciptanya ? Ada dalil ayat ato haditsnya ngga pak? Hati-hati terhadap perkataan yang menyangkut masalah iman, kalau salah jalur bisa2 kita menuju NERAKA.
    Terus, kurang tepat kalau sepenggal syahadat dijadikan tujuan hidup & penggalan lainnya tidak, tepatnya adalah syahadat harus diimani setiap saat. Apakah iman itu ? Yaitu: diyakini dalam hati, dibenarkan dalam lisan & dilakukan dengan perbuatan.
    Jangan pake ilmu: “Gathok2 tur mathok”, apa2 dicocok2 kan biar jadi benar. Kalau “kuping”, memang cocok sama “kaku njepiping”. Tapi kalau syahadat jangan dicari2 kecocokannya, kayak dibuat mainan aja. Sekali lagi, hati-hati pak….
    Semoga bermanfaat.šŸ™‚

  3. sekedar nasehat, tugas & tujuan hidup manusia & jin sudah dijelaskan dalam Al Qur-an, yaitu: “HANYA BERIBADAH KEPADA ALLOH”.
    “dan di akhirat nantilah Alloh akan menuruti keinginan kita”: adakah dalil ayat/hadits yang mendukung kalimat ini ? bagaimana bisa makhluk sekecil manusia mendiktekan keinginannya kepada penciptanya ? Hati-hati dengan ucapan ini, salah2 bisa kafir kita kalau merasa sejajar atau bahkan lebih tinggi dari Alloh.
    Terus, jangan memotong2 syahadat demi mencari-cari kalimat yang pas (dan kelihatannya benar). Kayaknya sama dengan ilmu jawa: “gathok2 tur mathok”.
    Kalau “kuping” memang cocok sama “kaku njepiping”, tapi kalo syahadat tidak bisa dipotong2 tanpa dalil yang kuat.
    Sekali lagi, hati-hati pak. “Agama itu dasarnya dalil, bukan hawa nafsu, emosi atau akal.”
    Semoga bermanfaat.šŸ™‚

  4. Terimakasih sebelumnya kepada pak “saya2009” atas komen kritisnya!
    Materi ini saya dapat dari majelis. Pemahaman untuk kalimat “Tugas kita di dunia adalah menuruti keinginan Alloh, dan di akhirat nantilah Alloh akan menuruti keinginan kita.” akan coba saya jabarkan menurut sepenangkap saya.

    Maksud dari kalimat “Tugas kita di dunia adalah menuruti keinginan Alloh” adalah memang diri kita, manusia, diciptakan untuk menuruti Alloh, yakni beribadah. Tentunya banyak sekali bentuk2 ibadah itu sendiri. Dan ini mungkin telah jelas. Yang menurut saya memang mengandung sanggahan adalah kalimat berikutnya, yakni “di akhirat nantilah Alloh akan menuruti keinginan kita”, saya rasa arti dari menuruti keinginan kita bukanlah kita bisa seenaknya menyuruh atau Alloh harus menuruti apa yang kita mau. Hal ini lebih mengarah kepada balasan Alloh kepada kita, karena ketaatan kita ketika di dunia. Dan balasan terbesar adalah surgaNya. Dan sudah kita ketahui bersama bahwa di surga kita bisa minta apa pun. Dan inilah poin pokok arti dari kalimat “Alloh menuruti keinginan kita”. Untuk dalilnya, banyak terkandung di dalam Al Qur’an yang menyebutkan tentang surga sebagai balasan orang-orang bertakwa. Seperti pada :
    “Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh ke dalam surga-surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Sesungguhnya Allah berbuat apa yang Dia kehendaki.” – QS Al Hajj [22:14]
    “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal.” – QS Al Kahfi [18:107]
    “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam surga dan kenikmatan.” – QS Ath Thuur [52:17]
    “Mereka itulah penghuni-penghuni surga, mereka kekal di dalamnya; sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan.” – QS Al Ahqaaf [46:14]
    “Diedarkan kepada mereka piring-piring dari emas, dan piala-piala dan di dalam surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap (dipandang) mata dan kamu kekal di dalamnya.” – QS Az Zukhruf [43:71]
    “Kamu lihat orang-orang yang zalim sangat ketakutan karena kejahatan- kejahatan yang telah mereka kerjakan, sedang siksaan menimpa mereka. Dan orang-orang yang beriman serta mengerjakan amal saleh (berada) di dalam taman-taman surga, mereka memperoleh apa yang mereka kehendaki di sisi Tuhan mereka. Yang demikian itu adalah karunia yang besar.” – QS Asy Syuura [42:22]
    dan sebagainya..

    Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s