Komputer

Freeware penampil informasi hardware…

Masalah pokok yang dihadapi saat menginstal ulang sistem operasi windows adalah menginstal ulang juga driver hardware. Hal ini mungkin tidak menjadi masalah bila sistem operasi yang kita gunakan adalah windows 7 (karena memang sudah otomatis menginstal driver-driver hardware yang terdeteksi), atau windows versi di bawahnya (dengan catatan memiliki cd driver motherboardnya). Bila kita tidak memiliki cd driver atau master installer driver motherboardnya, maka langkah selanjutnya adalah mendownload master installer motherboard yang sesuai dengan jenis dan tipe motherboard tersebut.

Lalu bagaimana kita dapat mengetahui jenis dan tipe motherboard komputer kita? Caranya mudah, cukup dengan membuka casing CPU Anda, lalu cari tulisan yang menampilkan jenis dan tipe motherboard.

Sudah ketemu? Kalau sudah, catat dan buka internet, lalu silakan mencari driver installernya.

Anda kesulitan menemukan jenis dan tipe motherboard? Terutama komputer keluaran lama, mayoritas memang tidak terdapat informasi mengenai jenis dan tipe motherboard tersebut. Itulah problem yang saya alami ketika dimintai tolong instal ulang windows di komputer temen.

Setelah mencari-cari solusi di internet, alhamdulillah saya terbawa ke suatu forum yang memuat link download freeware penampil informasi hardware komputer yang bernama CPU-Z. Karena untuk mendownloadnya kita harus menjadi member forum terlebih dulu, maka saya pun terpaksa registrasi akun.

CPUID

Nah, bagi sahabat yang sedang mengalami masalah seperti ini dan butuh software CPU-Z, tidak perlu mendaftar ke forum untuk mendapatkan link downloadnya. CPU-Z adalah freeware penampil informasi hardware komputer besutan CPUID, perusahaan asal Perancis yang mendevelop software seputar hardware. CPU-Z bisa didownload di sini. Untuk saat ini, versi 1.56 adalah keluaran terbaru (Oktober 2010).

Kemudahan yang diberikan oleh CPU-Z adalah adanya versi langsung run, alias tanpa menginstal. Hanya tinggal dobel klik execute filenya, langsung jalan. Berikut screenshootnya:

tab mainboard pada CPU-Z

Pada tab “Mainboard”, dapat diketahui manufaktur dan model dari mainboard/motherboard kita.

Setelah mengetahui model (jenis dan tipe) motherboard, maka akan dengan mudah kita mencari link download driver installernya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan terimakasih.

4 thoughts on “Freeware penampil informasi hardware…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s