Pengalaman

Official wedding site kami…

Salah satu persiapan pernikahan waktu itu adalah web walimah. Bagi saya, ini penting, mengingat syiar menggunakan internet sangatlah efektif dan efisien. Sekaligus berbagi pengetahuan tentang syariat pernikahan dalam islam.

Sepantasnya artikel kali ini saya posting sebelum hari H, namun karena rasa malas, akhirnya topik tentang web walimah telat hingga satu setengah bulan pernikahan. Tak apalah, sekedar sharing tentang web walimah yang semoga menginspirasi pembaca yang akan menikah dan yang berniat untuk mensyiarkannya via web.

Perhitungan saya, pernikahan saya ini tak akan banyak dihadiri oleh rekan-rekan saya. Karena hari H yang bertepatan dengan H+5 lebaran idul fitri, serta tempat acara yang jauh dari rumah rekan-rekan saya, maka benarlah, dari pihak saya dihadiri tak lebih dari 35 orang saja (hampir 50%-nya anak-anak). Namun, dengan wasilah web walimah, syiar pernikahan kami terdengar ke lebih dari 5000 pasang telinga (bukan angka sebenarnya), alhamdulillah. Dan dengan wasilah web tersebut, kami akan sukses menyampaikan informasi secara utuh, mulai dari kisah perjalanan kami menuju pernikahan, lengkap dengan tata cara dan nasehat nikah bagi rekan-rekan muslim. Singkatnya, web walimah itu sesuatu banget, ehehe.

Berikut cuplikan “Official wedding site” kami, resmi! Bisa juga langsung ke arwenda.com (mumpung masih eksis).

Web walimah kami terdiri dari 6 menu, antara lain:

  1. Serambi Kami, berisi muqoddimah web walimah
  2. Undangan, berisi file gambar undangan pernikahan
  3. Tentang Kami, berisi profil singkat kedua mempelai
  4. Kisah Kami, berisi tahapan-tahapan kami dalam menjajaki pernikahan, yakni tahap ta’aruf, khithbah dan walimatul ursy
  5. Hubungi Kami, berisi kontak person yang bisa dihubungi serta form pesan yang ingin disampaikan kepada mempelai
  6. Nasehat Nikah, berisi wejangan-wejangan nikah

Keperluan teknis tentang web walimah kami antara lain:

  1. Domain arwenda.com saya sewa dari Jagoan Hosting, yang sudah disewa di awal tahun 2011, namun baru efektif difungsikan sekitar Agustus 2011 dan melenceng dari tujuan awal menyewa nama domain ini (awalnya niat untuk keperluan streaming internet radio, ternyata malah terpakai untuk web walimah)
  2. Hosting file web yang gratisan sajalah, di 000webhost.com
  3. Web digenerate dari web builder yang gratisan, fitur yang memang disediakan oleh 000webhost, kemudian hanya saya edit header dan footer untuk desainnya
  4. Konten yang saya susun dan atur sendiri

Karena yang berbayar hanya sewa nama domainnya saja, walhasil anggaran untuk web walimah ini Rp 95.000,-

Saat ini membuat web tak harus pandai pemrograman web, karena sudah banyak bertebaran web builder yang memudahkan penggunanya. Untuk itu bagi sahabat yang pengen membuat official wedding site sendiri dengan mudah dan murah bisa menggunakan fasilitas-fasilitas yang telah tersedia di internet. Anda hanya cukup mengeluarkan dana untuk biaya aksesnya, karena nama domain, jasa hosting, dan web builder ada yang gratisan. Selain itu juga ada web yang dengan gratisnya membantu Anda membuat blog pernikahan dengan satu kali proses. Anda tidak perlu menyewa nama domain, hosting dan membuat desainnya, karena ketiga hal tersebut tinggal kita pilih. Web yang menyediakan fasilitas gratisan tersebut misalnya mywedding.com. Semoga bermanfaat, terimakasih.

7 thoughts on “Official wedding site kami…

  1. Selamat menempuh hidup baru ya. Mendingan web walimahnya gak sekedar cuma web statis yang cuma menjadi syiar pernikahan aja, bisa kemudian dilanjutkan menjadi blog berdua yang diisi berdua.

    1. Alhamdulillah, terimakasih bung Galuh😀 Pengennya sih gitu, tapi udah kadung kesemsem ama wordpress yang ini. Lagi pula istri kurang suka menulis, dan jarang online. Terlepas dari hal itu, terimakasih sarannya bung, hehe..

  2. Iya mas,sama2,,, Si teteh-nya punya blog jg ga mas?

    “aamiin” gitu lho mas,.. hehe… V V
    kirain baru bulan ini, pengantenannya. Kan saya komennya sbelum enter ke official-wedding-site. Hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s