Pengalaman

Status baru, mahasiswa…

Dengan berkat rahmat Allah yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur simbok, saya, Niko Arwenda per tanggal 7 Mei 2012 telah resmi menyandang status mahasiswa malam Fakultas Teknologi Informasi di sebuah universitas swasta di kawasan Ciledug, Jakarta Selatan. Sebenarnya keinginan masuk di dunia perkuliahan sudah ada sejak tahun 2008, setelah beberapa bulan lulus dari SMK. Namun semakin hari semakin menyusut karena berbagai hal. Namun Alhamdulillah, di bulan Mei 2012 ini dorongan besar muncul dari simbok. Dorongan yang berbentuk material maupun non material. Juga dorongan berupa perkataan-perkataan yang hampir menyerupai ancaman yang tidak dapat saya sampaikan dalam artikel ini. Di luar hal tersebut, saya benar-benar bersyukur dikaruniai seorang simbok yang berkeinginan kuat melihat anak-anaknya mengenyam pendidikan sampai ke perguruan tinggi.

Sedikit bercerita tentang kehidupan pendidikan simbok, tak bosan-bosannya beliau selalu menyemangati saya dan adik-adik saya untuk giat menuntut ilmu, minimal sarjana. Mengingat simbok yang dulu semasa remaja ingin bersekolah hingga SMA. Namun jangankan SMA, SMP saja beliau tidak lulus karena putus di tengah jalan dengan alasan ketiadaan biaya. Itulah salah satu pesan yang sering disuguhkan beliau kepada kami, selaku anak-anaknya untuk giat dan rajin mengenyam pendidikan tinggi. Dan mengetahui saya sudah mendaftar kuliah, alangkah bahagianya beliau. Berulang-ulang simbok bersyukur dan mengungkapkan rasa bahagianya kepada saya via telepon. Dan sebagai seorang anak, melihat orang tua bahagia bukankah suatu hal yang membanggakan?

Namun saya tidak lupa, bahwa yang terpenting dari perkuliahan adalah keistiqomahan semangat, kesungguhan dan kehadiran. Memang tak mudah, kerja sambil kuliah. Namun bila tekat dan kemampuan sudah bicara, insya Allah dimudahkan! Di awal kadang semangat kita menyala-nyala, namun di tengah jalan, banyak juga mahasiswa yang tumbang, dan itu suatu kabar yang tidak menggembirakan bagi orang tua. Atau ada juga mahasiswa yang berkesempatan lulus dan diwisuda, namun tidak berhasil menyerap berbagai hikmah dalam kuliahnya. Ada yang sering titip absen, dan memiliki pemikiran bahwa yang terpenting dalam kuliah adalah gelar akademis untuk sukses berkarir. Ini yang membunuh keuletan dan kesabaran dalam studi. Semoga pemikiran dan gaya hidup seperti ini segera punah dalam benak para mahasiswa ya!

Semoga luapan kebahagiaan simbok dapat terus dan terus kami pantik. Karena bahagianya orang tua adalah salah satu komponen penting dalam amal sholih. Tentu bahagia yang sesuai dengan islam.

4 thoughts on “Status baru, mahasiswa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s