Pengalaman

Komitmen dunia maya…

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), arti kata komitmen adalah perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu; kontrak. Jadi kalau Anda menanamkan suatu capaian atau target pada diri sendiri untuk sesuatu ke depan, itu bisa disebut komitmen. Seperti yang saya ikrarkan dalam hati beberapa waktu lampau tentang capaian-capaian atau target-target ke depan dalam interaksi dengan dunia maya. Yang sebagian besar adalah berkomitmen untuk mengisi beberapa akun situs pribadi dengan hal-hal positif. Ironisnya, makin ke sini, makin pula terasa berat atau mungkin jenuh untuk menjalaninya.

Artikel ini sebenarnya bersifat tidak penting ya bagi sahabat sekalian. Hanya sebagai penanda pribadi tentang task-list di dunia maya yang dulu sempat saya tanamkan, dan sekaligus sebagai evaluasi. Beberapa komitmen interaksi dunia maya (yang masih ingat) adalah:

  1. WordPress; harus update setidaknya 1 artikel blog per 1 bulan
    -> dan ternyata, tahun 2012 saja saya gagal mencapainya untuk bulan Maret, Mei, Agustus dan Oktober, padahal di draft lumayan banyak calon artikelnya, namun belum terurus
    -> oh iya, bagi yang ingin melihat blog saya, klik saja: nikoarwenda.wordpress.com, (eh, bukankah Anda sekarang sedang berada di halaman blog saya ya? Ehehe)
  2. Soundcloud; harus update setidaknya 1 rekaman tausiyah per 1 bulan
    -> dan ternyata, terakhir update adalah 3 bulan lalu, padahal artikel tausiyah ada cukup banyak di kontrakan, tinggal dibaca, direkam, diedit dan ditambahkan backsound saja, namun ternyata rasa enggan (bila tidak mau disebut malas) masih mendominasi untuk hal ini
    -> bagi yang ingin berkunjung ke halaman soundcloud saya, klik: soundcloud.com/niko-arwenda
  3. Tumblr; harus update setidaknya 1 gambar islamic quote per 1 bulan
    -> dan ternyata, masih mending sih, terakhir update bulan kemarin
    -> ingin berkunjung, silakan klik: arwenda.tumblr.com
  4. Deviantart; harus update karya minimal 1 gambar per 1 bulan
    -> dan ternyata, terakhir upload karya adalah November 2011, alias 1 tahun yang lalu! (meski sebenarnya ada hal serius yang membuat saya mangkir dari aktifitas menggambar pensil/pena di atas kertas, yakni hukum tentang menggambar mahluk bernyawa, baik mahluk nyata maupun fiktif, padahal betapa hobinya saya dengan aktifitas itu sedari kecil)
    -> bagi yang berkenan meluangkan waktunya untuk melihat halaman akun deviantart saya (yang ibarat rumah: kotor berdebu tak tersentuh oleh kain pel dan sapu), berikut alamat linknya: wilpan.deviantart.com

Itulah beberapa akun saya di dunia maya yang sempat saya komit, yakni mengupdate minimal 1 kali dalam sebulan. Dan semoga ke depan, semangat untuk mengakomodasi komitmen-komitmen dunia maya tersebut selalu membara. Tiba-tiba teringat ucapan dari seorang motivator bahwasanya yang membuat kita semangat adalah adanya 2 hal; ada yang dikejar, dan ada yang mengejar. Hmm..

Pertanyaannya adalah, bagaimana dengan komitmen di dunia nyata? Seperti komitmen terhadap peningkatan diri, keluarga, pekerjaan dan dakwah islam? Tentu lebih berat. Namun semoga, ada yang mengejar, dan ada yang dikejar, yang membuat kita semangat dalam menjalani komitmen-komitmen baik kita. Dan semoga, yang dikejar adalah ridho Allah, bukan yang lain. Bagaimana dengan Anda? Apa komitmen dunia maya Anda?

6 thoughts on “Komitmen dunia maya…

  1. hahaha… sama gan.
    Resolusi 2012 ane yang 1 bulan minimal 1 tulisan juga ngga kesampaian. Distribusi tulisannya ngga merata.
    Blog juga topiknya jadi melebar kemana – mana😦

Leave a Reply

