Pengalaman

Bocoran dari senior…

Sebuah pertanyaan kepada yang senior masih berlanjut. Seakan terpancing, salah satu senior mengeluarkan aura keseniorannya di kamar berukuran dua setengah kali tiga meter persegi, malam itu.

Semangat meluap-luap sempat memporak-porandakan susunan kalimat wejangan yang keluar dari lisan beliau malam itu. Tapi sekali lagi, kemampuan memilih diksi pada pengucapannya yang kedua seolah mengukuhkan keseniorannya sebagai kepala rumah tangga.

“Metode tarik ulur!”, katanya. Kupasang dua daun telinga ini pada sudut pendengaran terbaik.

“Dalam memimpin rumah tangga, sering kita sebagai suami merasa memiliki hak penuh menentukan setiap keputusan terkait keluarga dan hal-hal yang menyangkut istri kita. Ini wajar, karena kitalah pemimpin rumah tangga. Ketika ada suatu permasalahan yang membenturkan pendapat kita dan pendapat istri, secara naluri kita akan merasa bahwa pendapat kitalah yang harus diambil. Namun terkadang, tanpa kita sadari, mungkin kekakuan kita dalam memimpin seperti ini berpotensi menyakiti hati sang istri, yang tidak ia tampakkan.”

Dalam dua atau tiga detik kesempatan jeda yang diberikan, secara reflek hati ini mengangguk, mengiyakan kalimat-kalimat yang baru saja kudengar.

Kite

“Ibarat sebuah layang-layang, ada kalanya kita menarik, ada kalanya kita perlu mengulur. Sebagai suami, hendaknya kita memberikan istri kesempatan untuk berkembang dengan cara membiarkannya berperan dalam beberapa keputusan yang tak begitu perlu kita putuskan. Atau mengambil beberapa pendapatnya dalam penyelesaian suatu masalah. Dalam hal ini kita mengamalkan metode ulur. Untuk menerbangkan sebuah layang-layang ke posisi yang lebih tinggi kan sesekali perlu kita ulur benangnya!”

Itulah yang kuingat malam itu. Sedikit bocoran dari senior. Bocoran yang beliau praktikkan dalam sepuluh tahun berlayar. Oke para suami, siap untuk tarik-ulur istri masing-masing?

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tamat.

One thought on “Bocoran dari senior…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s