Komputer

Sedang in dengan Yahoo! Answers Indonesia…

logo YanswerSahabat, adakah di antara sabahat sekalian yang memiliki akun yahoo? Sebagian besar pengguna internet pasti menggunakan atau paling tidak pernah memiliki akun yahoo. Produk yang paling dikenal dari yahoo adalah email, messenger dan groups. Saya sendiri sampai saat ini masih menggunakan ketiga produk tersebut. Plus satu lagi, yahoo answers. Apa itu yahoo answers? Meski banyak di antara sahabat yang tahu, nggak masalah kan kalau saya perkenalkan lagi sekilas? Yahoo answers (biasa ditulis Yahoo! Answers) adalah ajang tempat orang saling bertanya mengenai topik apa saja dan mendapatkan jawaban dengan cara berbagi fakta, pendapat dan pengalaman pribadi. Intinya, kita bisa berbagi pertanyaan atau jawaban. Selain bisa mengajukan pertanyaan dan/atau memberikan jawaban atas pertanyaan terbuka, kita juga bisa menilai dan memilih sebuah jawaban yang menurut kita jawaban terbaik dari pertanyaan yang statusnya dalam voting. Dalam yahoo answers juga dikenal sistem poin dan tingkat (level) sebagai daya tarik tersendiri. Sistem poin pada yahoo answers mirip dengan sistem karma di jejaring sosial micro blogging Plurk.

Meski sudah bergabung di yahoo answers sejak 2009, baru tahun inilah hubungan saya dengan yahoo answers terjalin kembali secara intens. Oh ya, promosi sedikit, bagi sahabat yang juga aktif di yahoo answers, boleh lho menambahkan akun saya ke dalam kontak sahabat. Saat postingan ini diterbitkan, saya masih tingkat 3 di yahoo answers Indonesia. Berikut penampakan akun saya:

yahooanswer

Pertanyaan yang diajukan di yahoo answers memiliki kategori. Hal ini akan memudahkan pengguna untuk berinteraksi tanya-jawab pada kategori yang tepat. Selama berinteraksi di yahoo answers, saya lebih suka berkutat di kategori “Keluarga & Hubungan”. Di yahoo answers sendiri bebas mengajukan pertanyaan dan jawaban, artinya bila sahabat mengajukan pertanyaan iseng dan terkesan nggak penting, pun tak mengapa. Karena yahoo answers sendiri pun tak bisa menentukan dan menyaring, apakah pertanyaan tersebut berbobot atau hanya sekedar “sampah” untuk mendapatkan poin. Kecuali ada pengaduan dari user. Mungkin inilah salah satu penyebab malas untuk menjenguk yahoo answers. Belum lagi di kategori “Masyarakat & Budaya > Agama & Kepercayaan” banyak digunakan untuk debat atau sekedar penghinaan terhadap agama. Kalau sudah berbau pelecehan, segera saja acuhkan. Karena sudah terlihat motif penanya dalam pertanyaan yang bertujuan menghina. Dan memang usernya itu-itu saja.

Saat berada di kategori “Keluarga & Hubungan”, bertebaran pertanyaan yang pelik dan beragam yang dialami user. Hal ini menarik bagi saya, meski kadang saking peliknya hanya bisa memberi saran untuk bersabar dalam jawaban. Entah kenyataan atau tidak persoalan yang diajukan dalam pertanyaan, memberi jawaban sebagai tawaran solusi persoalan penanya merupakan kepuasan tersendiri. Terlebih mendapat respon dari penanya, tanda bahwa si penanya aktif dan perhatian terhadap pertanyaan yang diajukan. Berikut salah satu contoh persoalan yang diajukan pertanyaannya pada kategori “Keluarga & Hubungan > Pernikahan & Perceraian”:

sampleYA

Beragam persoalan rumah tangga yang diajukan sebagai pertanyaan di yahoo answers membuka wawasan kita pada berbagai variasi konflik rumah tangga. Dengan menganalisa akar masalah dan menelaah kondisi psikis penanya, dapat dijadikan bekal dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Meski bukan seorang pakar dan ahli konseling rumah tangga, boleh dong berbagi nasehat. Akhir kata, terima kasih telah mampir dan membaca postingan ini. Ditunggu kehadirannya di yahoo answers Indonesia.

5 thoughts on “Sedang in dengan Yahoo! Answers Indonesia…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s