Komputer

Menjadwal pengiriman email dengan Boomerang for Gmail…

Berawal dari mandat kantor untuk mengingatkan rekan-rekan seprofesi di bagian EDP (Electronic Data Processing) agar mengambil data backup mingguan di lapangan, saya menemukan plug-in gmail untuk mengatur jadwal pengiriman email bernama Boomerang.

Semula, selama beberapa bulan saya mengirimkan email peringatan tersebut secara manual. Yakni memforward email yang berisi pengingat pekerjaan kepada rekan-rekan satu bagian di setiap hari Senin. Ada kalanya saya lupa, sehingga mengirim email tersebut di hari Selasa, keesokan harinya. Ada kalanya saya sulit mendapatkan akses internet di hari Senin, dan akibatnya saya terlambat mengirimkan email tersebut. Kemudian saya mencoba mencari informasi via google tentang software atau cara menjadwalkan pengiriman email. Dan dipertemukanlah saya dengan Boomerang for Gmail. Saya hanya membuat 1 buah email yang ditujukan kepada beberapa rekan, kemudian memilih fitur “Schedule recurring message”. Dan semenjak itu, saya tidak perlu membuat email yang sama, kepada orang-orang yang sama, di hari yang sama, yakni setiap hari Senin. Dan tentu, tanpa memiliki akses internet pun, tidak masalah!

Itulah satu dari tiga fitur Boomerang for Gmail yang saya manfaatkan. Tiga fitur unggulan tersebut antara lain:

  • Merencanakan pengiriman email (Send an email later). Bila kita memiliki suatu email yang ingin kita kirim nanti, kita bisa menggunakan Boomerang. Baik mengirimkannya sekali waktu, ataupun reguler dalam jangka waktu tertentu semisal seminggu sekali di hari tertentu.
    boomerang - send later
  • Pengingat email penting (The best follow up reminders). Beberapa email yang masuk ke dalam inbox mungkin saja saat ini tidak begitu penting. Namun ternyata, dia akan sangat penting di kemudian hari. Boomerang dapat memunculkan kembali email tersebut di urutan teratas pada waktu tertentu yang diinginkan. Bagaikan bumerang, kita melemparnya saat ini dan akan kembali beberapa waktu kemudian.
    boomerang - ke inbox
  • Pemberitahuan bahwa email kita dicuekin (Remind you if you don’t hear back). Fitur ini cocok bagi yang sedang butuh respon segera. Kadang kita tidak tahu, apakah email yang sudah kita kirim mendapat perlakuan yang kita harapkan. Sekedar dibaca atau malah dicuekin dan dihapus tanpa dibaca terlebih dulu? Boomerang dapat secara masif mengirimkan lagi dan lagi email yang sudah kita kirim tersebut sesuai dengan perintah yang kita inginkan. Ada 2 kondisi yang harus kita pilih, yakni jumlah hari dan kondisional yang memerintahkan Boomerang mengirimkan kembali email kita. Jumlah hari mengindikasikan berapa hari Boomerang akan mengirim ulang email kita berdasar kondisional yang kita pilih. Dan kondisional tersebut ada empat, yaitu jika: (1) tidak ada balasan/no reply; (2) tidak diklik/not clicked; (3) tidak dibuka/not opened; (4) tidak diperhatikan alias dicuekin/regardless.
    boomerang - jika dicuekin

Ingin mencoba? Langsung saja ke halaman utama Boomerang dan klik “Install Boomerang”. Oh ya, saat ini Boomerang for Gmail hanya berjalan di browser Firefox 3.6+Chrome 5.0+ and Safari 5.1+.

Kabar buruknya adalah, bahwa Boomerang tidaklah gratis. Namun kita dapat menggunakannya pada masa trial yang diberikan. Dan sedihnya, waktu trial saya berakhir hari ini, 20 November 2013. Terima kasih, semoga bermanfaat. Bagi Anda yang memiliki informasi tentang penjadwalan email, boleh dong dibagi infonya!

Advertisements

One thought on “Menjadwal pengiriman email dengan Boomerang for Gmail…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s