Kuliah

The Next Goal?

Seiring bertambahnya umur dan berkurangnya usia, manusia memiliki banyak angan dan cita yang berubah-ubah. Hal ini dilatarbelakangi oleh berkembangnya ukuran otak, pola pikir dan pengaruh dari luar. Hampir dapat dipastikan, cita-cita yang dimaksud oleh kebanyakan orang adalah mengerucut pada sebuah profesi atau pekerjaan. Waktu kecil dulu, banyak dari kita yang mungkin bercita-cita menjadi dokter, pilot, polisi, guru, nahkoda, dan berbagai profesi lain yang nampak keren. Begitu mainstream. Namun, lambat laun namun pasti, cita-cita yang sekedar diinginkan saat kecil itu kebanyakan pudar dan melunak. Sehingga pada puncaknya, banyak yang menanggalkan cita-citanya karena putus sekolah. Beberapa menurunkan standar cita-citanya, beberapa diantaranya dibelokkan, dan sedikit yang bertahan. Itu pula yang menimpa pribadi penulis, “dibelokkan”.

Penulis adalah anak pertama dari tiga bersaudara. Tentu, sebuah harapan besar sebagian orang tua disematkan pada anak pertamanya. Pun demikian dengan penulis. Bersyukur, penulis mendapatkan support yang luar biasa dari orang tua. Sehingga sampai detik ini, atas izin Allah, penulis dapat menikmati pendidikan layak, membangun sebuah keluarga, serta pekerjaan yang menjadi perantara penghidupan anak dan istri.

Kembali ke topik sebuah cita-cita, saat ini penulis berkutat di bidang teknologi informasi, yang sejak awal terjun dalam dunia industri belum mengalami perubahan. Tepatnya pada sebuah profesi sebagai developer sistem informasi di sebuah perusahaan swasta di Jakarta Selatan. Benar-benar profesi yang tidak dibayangkan dari kecil. Setidaknya, pembelokan cita-cita ini terjadi saat penulis disekolahkan di SMK Informatika. Semenjak itulah, keahlian dalam bidang IT (Information Technology; Teknologi Informasi) didapatkan oleh penulis. Dan karena penulis berjalan di jalan yang lurus (baca: terkungkung di bidang yang sama), maka saat terjun ke dunia industri pun masih dalam bidang IT. Meski demikian, penulis masih menyimpan rasa yang besar pada profesi mengajar, dan sedikit rasa pada dubbing dan menggambar.

Untuk menguatkan keahlian serta pendidikan dalam bidang IT, penulis saat ini juga berstatus sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma, Depok – Jawa Barat. Konsentrasi pada jurusan Sistem Informasi. Dan berbicara cita-cita atau lebih enak disebut “the next goal” penulis adalah lulus dengan predikat baik, dan mungkin masih menjadi pegawai karena terikat dengan ikatan dinas. Sambil secara paralel melanjutkan studi lebih tinggi dan icip-icip menjadi dosen IT. Dan karena tuntutan dapur, ke depan target usaha sambilan harus mulai direncanakan.

Penulis rasa sudah waktunya disudahi. Terima kasih telah bersedia membaca sampai akhir. Semoga segala cita-cita baik kita semua dapat terwujud. Satu hal terpenting adalah, penting menjadikan “orang yang bermanfaat bagi orang lain” sebagai salah satu “the next goal” setiap pribadi kita. Karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Tentunya dalam hal kebaikan.

4 thoughts on “The Next Goal?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s