Pengalaman

Berkunjung ke Mandiri University Learning Center…

Sore itu, Senin, 28 Maret 2016 pkl 17:25, di sela kesibukan handel limpahan tugas dari bagian keuangan, ada pesan masuk via WhatsApp. Teman kuliah rupanya, nawarin job training Ms. Access untuk besok, Selasa, 29 Maret 2016 pkl 07:30 di daerah Tanah Abang. Awalnya iseng nerima aja, karena saya pikir hanya 1 hari dan honornya lumayan. Namun ternyata untuk 4 hari ke depan. Kalau cuma 1 hari sih, bisa ambil cuti dadakan ke kantor. Lha kalau 4 hari?

Jpeg

Namun ternyata, saya ambil juga kesempatan ini. Padahal terakhir bermesraan dengan Ms. Access itu sudah beberapa tahun yang lalu, itu pun Ms. Access 2003 dan hanya penggunaan dasar, nggak sampai expert. Bismillah, “I’ll take this opportunity!”

Setelah kontak-kontakan dengan yang punya job aslinya (karena teman saya hanya meneruskan), serta diemail soal pre test dan softcopy modul trainingnya, seketika waktu yang tersisa hingga besok pagi saya maksimalkan untuk kembali berinteraksi dengan Ms. Access 2007. Kenapa 2007? Karena judul trainingnya Ms. Access 2007. Ngikut saja lah.

Selasa pagi, 29 Maret 2016 pkl 05:36, saya sudah berada di Stasiun Lenteng Agung, menunggu KRL ke arah Tanah Abang, dan 40 menit kemudian saya sudah sampai di Stasiun Tanah Abang. Karena belum tahu persis lokasinya, saya order Gojek untuk sampai ke TKP. Dan ternyata, lokasi trainingnya ada di Mandiri University, Learning Center untuk PT Bank Mandiri Group, di Gambir. Dari Stasiun Tanah Abang, ternyata cukup dengan menggunakan angkutan umum 08 dan turun di Bank Mandiri Kebon Sirih.

Waktu itu, ruang kelasnya sendiri ada di lantai 4 batch 3. Dengan jumlah peserta hadir 19 dari 21 daftar peserta. Dan ada 3 peserta yang dari luar propinsi, yakni Bandung, Semarang dan Denpasar. Pertama kali saya berpikiran, apakah Ms. Access dipakai di tempat kerja masing-masing peserta? Dan ternyata sebagian mereka memang menggunakan Ms. Access, dan ada yang baru akan menggunakan Ms. Access di tempat kerjanya. Tentang ruang kelasnya, beginilah penampakannya:

Jpeg

Hari pertama, dimulai dengan pre test lalu sesi pemotretan, tsah! Kemudian perkenalan sebentar dan penyampaian materi. Secara umum, training dimulai pkl 08:00 sampai dengan pkl 17:00, diselingi dengan 2 kali coffee break dan 1 jam istirahat. Secara keseluruhan agenda training selama 4 hari berturut-turut, alhamdulillah lancar. Dan di hari ke-4 atau hari terakhir, peserta diberikan post test. Lalu isi kuesioner pelaksanaan training dan diakhiri dengan pembagian sertifikat. Sayangnya trainer tidak diberikan sertifikat. Padahal lumayan untuk nambah portfolio, ya. Di momen-momen terakhir, saya manfaatkan juga untuk lebih mengenal para peserta dengan meng-kepo-i alamat, posisi, jobdesk serta interaksi peserta dengan Ms. Access di lingkungan kerja masing-masing.

Dan karena hasil kuesioner tidak dishare kepada trainer, di sela istirahat saya buatkan saja form penilaian training dengan bantuan Google Form. Lalu saya minta peserta untuk akses dan isi form tersebut. Alhamdulillah, saya mendapat nilai positif dari peserta, juga banyak kritik dan saran yang membangun.

Hmm.. Jadi pengin training lagi.

Leave a Reply

