Kuliah

Menerka Use Case & Class Diagram dari Bhinneka.com…

Sebelum mulai menerka use case ataupun class diagram dari salah satu situs belanja yang cukup dikenal di Indonesia ini, ada baiknya kita sedikit mengenal apa itu use case diagram, apa itu class diagram, dan apa fungsi keduanya.

UML, Use Case & Class Diagram

Use case diagram dan class diagram adalah beberapa contoh dari diagram pemodelan sistem yang biasa disebut UML (Unified Modelling Language). UML sendiri sering digunakan oleh analis atau perancang sistem. Use case diagram itu sendiri adalah diagram yang menggambarkan fungsionalitas dari sebuah sistem. Yang dicirikan dengan adanya 3 komponen, yakni:

  • Aktor, yang disimbolkan oleh bentuk orang. Yaitu pelaku yang berinteraksi terhadap sistem. Bisa berupa user atau sistem lain.
  • Fungsi atau yang pada desain sistem bisa menggambarkan sebuah fitur, yang disimbolkan oleh bentuk oval dengan nama fungsi di dalamnya.
  • Relasi atau hubungan antara fungsi dan aktor yang ada, yang disimbolkan dengan garis penghubung antara aktor dan fungsi.
5zzfg-350x260
ilustrasi UML

Lain halnya dengan use case diagram, class diagram adalah salah satu diagram pada tataran logical view, yang lebih spesifik dalam struktur statis (class, object, relationship). Lebih sering digunakan dalam desain konseptual pemrograman berorientasi objek (OOP – Object Oriented Program). Yang dicirikan setidaknya 3 komponen , seperti:

  • Nama kelas (class name)
  • Atribut kelas (class attribute)
  • Aksi kelas (class method)

Penjelasan lain tentang UML bisa dilihat di sini.

Sekilas tentang webstore yang akan kita terka dalam kasus ini, adalah Bhinneka.com. Situs belanja yang ada sejak tahun 1990-an ini termasuk yang telah lama survive dalam bisnis ecommerce di Indonesia (yang selanjutnya kita sebut bhinneka).

identity-guidelines-logotype-black-background

Mari kita berbicara tentang situs belanja online yang dimiliki oleh bhinneka. Dalam perancangan dan analisa sistem, biasanya dibuat terlebih dulu diagram-diagram UML yang dibutuhkan untuk kemudian dibuat oleh tim developer sistem. Namun, di sini, kita tidak akan benar-benar menelisik lebih dalam. Hanya secara garis besar dari fungsi-fungsi yang ada pada situs bhinneka.

Use Case Diagram Bhinneka

usecase-bhinneka

Dari diagram (ilustrasi) tersebut, terdapat 3 aktor yang terlibat dalam sistem pada situs Bhinneka.com dengan hak akses fungsi masing-masing aktor sbb:

  1. Guest (tamu, pengunjung umum, non member) bisa melakukan atau mengakses fitur member register, view product (searching product), add product to cart (termasuk edit kuantiti serta hapus produk dari ranjang belanja), order report, payment, chat (with customer service), newsletter, dan tracking.
  2. Member, bisa mengakses semua fitur yang ada pada user guest, account setting (termasuk melihat histori transaksi) dan promo.
  3. Admin, bisa mengakses fitur chat, tracking, master product dan sales report.

Yang menarik di sini adalah tidak harus menjadi member untuk melakukan transaksi online di Bhinneka. Itulah mengapa user guest pun memiliki akses terhadap fungsional transaksi seperti add product to cart, payment, dll.

Class Diagram Bhinneka

Lebih spesifik dari use case diagram, berikut class diagram situs Bhinneka yang penulis coba terka:

clas-diagram-bhinneka

*class diagram di atas hanyalah dugaan, dan diambil 3 class parent sampel: person, product, dan add to chart().

Pada class diagram di atas, struktur sebuah kelas digambarkan sebuah kotak dengan 3 bagian, atas untuk menuliskan nama kelas, tengah untuk menuliskan class attribute, dan bawah untuk menuliskan class method atau aksi yang dimiliki oleh kelas tersebut.

Terlihat bahwa terdapat class parent dengan nama person yang memiliki class child guest dan user. Class User sendiri memiliki class child bernama member dan admin. Method yang dimiliki class person akan diturunkan (inheritance concept) kepada class di bawahnya, yakni guest, user, member dan admin. Sehingga object member bisa melakukan viewProduct(string), addCart(string), dan semua method yang dimiliki oleh class person. Sedang class Guest tidak dapat mengakses method promo() dan accountSetting() yang dimiliki class member, atau mengakses method masterProduct() dan salesReport() yang dimiliki class admin.

Kesimpulan

Use case dan class diagram adalah salah satu alat bantu dalam perancangan sistem, khususnya aplikasi berbasis OOP. Penangkapan kebutuhan pengguna dan penggambaran kerangka sistem yang baik pada keduanya dapat membantu sistem analis maupun developer dalam kegiatan pembangunan sistem.

Sumber Referensi:

PC Control. Pengetahuan Dasar dan contoh Diagram Kelas (class diagram) [online]. Tersedia: https://pccontrol.wordpress.com/2013/01/21/pengetahuan-dasar-dan-contoh-diagram-kelas-class-diagram/ [2 Oktober 2016]

Rahmatullah Pratama, Aditya. Belajar Unified Modeling Language (UML) – Pengenalan [online]. Tersedia:https://www.codepolitan.com/tutorial/unified-modeling-language-uml [5 Oktober 2016]

Tutorials Point. UML – Use Case Diagrams [online]. Tersedia: https://www.tutorialspoint.com/uml/uml_use_case_diagram.htm [5 Oktober 2016]

2 thoughts on “Menerka Use Case & Class Diagram dari Bhinneka.com…

    1. Hai, Iwed! Sehat? Wah, malu nih jadinya postingan yang kevalidannya sulit dipercaya ini terbaca olehmu. Ini tugas kuliah sih, dan soal “kalau jadi dosen”, memang ada keinginan ke arah sana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s