Kuliah

Mendeklarasikan kelas dari sebuah Class Diagram…

Setelah sebelumnya kita mencoba terka use case dan kelas diagram dari Bhinneka.com, selanjutnya kita akan mencoba mendeklarasikan tiap kelas yang ada.

Untuk itu, perlu kita tampilkan kembali class diagram yang ada sebelumnya, dengan beberapa perbaikan, sbb:

*contoh class diagram
*contoh class diagram

Pada class diagram di atas, terdapat 7 buah kelas yang masing-masing memiliki attribute dan method yang berbeda-beda. Ketujuh kelas tersebut bisa dideklarasikan sbb:

  1. Kelas person
    deklarasi kelas person
    deklarasi kelas person

    Pada class diagram, kelas person tidak memiliki attribute, maka dari itu pada deklarasi kelas, tidak ada pendeklarasian variabel. Namun kelas person memiliki 7 method yang harus dideklarasikan, yakni method viewProduct(string), addCart(string), orderReport(string), payment(string), chat(), newsletter(), tracking(string).

  2. Kelas guest
    deklarasi kelas guest
    deklarasi kelas guest

    Pada kelas guest, terdapat 1 buah attribute yang perlu dideklarasikan berupa variabel, yakni idGuest dengan tipe data string. Juga terdapat 1 buah method yang dideklarasikan bernama registerMember(). Kelas guest merupakan sub kelas dari kelas induk bernama person. Untuk itulah saat deklarasi kelas guest diberikan keterangan extends person.

  3. Kelas user
    deklarasi kelas user
    deklarasi kelas user

    Kelas user memiliki 9 attribute yang masing-masing dideklarasikan menjadi 9 buah variabel. Bisa dilihat pada baris kode tersebut di atas. Dan kelas user tidak memiliki method satu pun. Sama halnya dengan kelas guest, kelas user merupakan class child dari kelas person.

  4. Kelas member
    deklarasi kelas member
    deklarasi kelas member

    Kelas member dideklarasikan sebagai sub kelas atau class child dari kelas user, karena itulah pada deklarasi kelas member diberikan keterangan tambahan extends user. Kelas member diketahui tidak memiliki attribute, dan hanya memiliki 2 method, yakni promo() dan accountSetting().

  5. Kelas admin
    deklarasi kelas admin
    deklarasi kelas admin

    Kelas admin juga merupakan sub kelas dari kelas user. Tidak memiliki attribute, hanya memiliki 2 buah method, yakni masterProduct() dan salesReport().

  6. Kelas Product
    deklarasi kelas Product
    deklarasi kelas Product

    Kelas Product memiliki 7 attribute yang masing-masing telah dideklarasikan pada baris kode di atas. Dan memiliki 3 buah method: addItem(), editItem(), removeItem().

  7. Kelas AddCart
    deklarasi kelas AddCart
    deklarasi kelas AddCart

    Kelas terakhir yang dideklarasikan adalah kelas AddCart, dengan 10 attribute dan 4 method yang dapat dilihat pada baris kode di atas. Kelas AddCart memiliki method dengan satu atau lebih parameter, seperti method addItem, removeItem, dan editItem. Hal ini menandakan bahwa saat method ini dipanggil, maka dia memerlukan parameter yang dilempar secara bersamaan saat memanggil method tersebut.

Demikian deklarasi kelas-kelas yang ada pada sebuah class diagram. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s