Kuliah

Sebuah algoritma buku alamat…

Sebelum membahas sebuah algoritma buku alamat, bolehlah kita awali dengan pengertian algoritma. Istilah algoritma untuk beberapa orang mungkin masih agak asing. Namun kalau mendengar tentang langkah-langkah atau step by step atau juga prosedur, mungkin lebih familiar didengar oleh telinga masyarakat Indonesia. Memang benar, algoritma bisa disebut sebagai suatu langkah-langkah logis tertentu yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah. Namun bukan sembarang masalah, masalah yang dimaksud di sini adalah masalah dalam membangun sebuah sistem ataupun program yang berjalan di dalam sebuah komputer. Lebih lanjut tentang algoritma, bisa maen ke sini. Karena sudah tahu tentang pengertian algoritma, mari masuk lebih dalam pembahasan tentang judul artikel ini.

Diketahui sebuah kasus tentang sebuah buku alamat. Buku alamat ini dalam kacamata program memiliki 1 kelas dengan nama bukuAlamat, dengan 5 buah atribut dan 4 buah method yang tergambar dalam class diagram berikut:

bukualamat

Keterangan atribut dan method tersebut antara lain, sbb:

bukualamat-atributmethod

Dari keterangan tsb, didapati algoritma terhadap kelas bukuAlamat sebagai berikut:

  1. Pertama kali, user akan disajikan 5 pilihan menu pada program, yakni: (1) Input data, (2) Tampilkan data, (3) Update data, (4) Hapus data, (5) Keluar program.
  2. User memasukkan pilihan menu program.
  3. Jika user memilih menu (1), maka user akan diminta input data nama, alamat, telp, email. Lalu data entri tersebut disimpan. Kemudian ditampilkan kembali daftar menu program pada layar (kembali ke langkah 2).
  4. Jika user memilih menu (2), maka pada layar akan ditampilkan seluruh data yang tersimpan. Kemudian ditampilkan kembali daftar menu program pada layar (kembali ke langkah 2).
  5. Jika user memilih menu(3), maka user akan diminta input id data yang akan dilakukan update atau perubahan. Lalu layar akan menampilkan summary data dengan id yang diinputkan user. User akan ditanya, “Apakah Anda yakin ingin melakukan update data ini? [y/n]”. Lalu user input pilihan, y (yes) atau n (no). Jika user input y, maka user diminta untuk memilih atribut yang akan diupdate, dengan pilihan (a) nama, (b) alamat, (c) telp, (d) email, (e) semua data. User input pilihan menu.
    • Jika user memilih (a), maka user diminta input nama baru.
    • Jika user memilih (b), maka user diminta input alamat baru.
    • Jika user memilih (c), maka user diminta input telp baru.
    • Jika user memilih (d), maka user diminta input email baru.
    • Jika user memilih (e), maka user diminta input nama, alamat, telp, dan email baru.

    Kemudian ditampilkan kembali daftar menu program pada layar (kembali ke langkah 2).

  6. Jika user memilih menu (4), maka user akan diminta untuk input id data yang akan dihapus. Lalu layar akan menampilkan summary data dengan id tersebut. Lalu user akan ditanya, “Apakah Anda yakin ingin menghapus data ini? [y/n]”. Lalu user input pilihan, y (yes) atau n (no). Jika user input y, maka data dengan id tersebut akan dihapus. Kemudian ditampilkan kembali daftar menu program pada layar (kembali ke langkah 2).
  7. Jika user memilih menu (5), maka user akan keluar dari program.
  8. Selesai.

Demikian algoritma dari kasus sebuah kelas bukuAlamat. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s