Kuliah

Seluk beluk komplain nilai kuliah di Gunadarma…

Informasi ini bersifat terbatas, karena hanya berlaku di waktu dan tempat tertentu. Yakni perihal komplain nilai perkuliahan di Universitas Gunadarma (untuk selanjutnya disebut Gundar), Depok, Jawa Barat dan pada waktu dibukanya jadwal pengecekan nilai di loket BAAK (Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan).

Sebagai awalan, kita simak terlebih dulu posisi komplain nilai dalam siklus perkuliahan di Gundar. Proses pengecekan (termasuk di dalamnya komplain) nilai masuk dalam tahap akhir dari siklus perkuliahan di tiap semester. Sekilas info, siklus perkuliahan di Gundar berdasar kalender akademik (dan beberapa penyesuaian untuk mahasiswa reguler malam mulai angkatan masuk 2014) adalah sbb:

siklus kuliah mahasiswa malam

Pengecekan nilai secara umum bisa dilihat di studentsite tiap mahasiswa. Namun nilai yang tertera pada modul akademik studentsite adalah nilai matang yang sudah diolah. Untuk mengetahui komposisi nilai tiap mata kuliah hanya bisa dilakukan melalui petugas BAAK, dengan datang ke loket BAAK dan menyerahkan berkas yang diperlukan (cetakan nilai dari studentsite, fotokopi KRS semester yang akan dicek, fotokopi kartu praktikum untuk mata kuliah dengan praktikum penunjang). Waktu pengecekan nilai di loket BAAK terbatas, hanya pada saat pelayanan pengecekan nilai dibuka, biasanya diumumkan via halaman web BAAK, contohnya seperti ini:

pengumuman cek nilai BAAK

Prosedur pengecekan nilai dan komplain di loket BAAK kurang lebih sbb:
prosedur cek nilai

Komposisi nilai tiap mata kuliah yang bisa diketahui via loket BAAK adalah: nilai UTS (nilai prerogatif dosen, biasanya racikan dari kuis + kehadiran mahasiswa + tugas + hasil UTS), nilai UAS atau UU, nilai praktikum (untuk mata kuliah dengan praktikum penunjang), nilai akhir dan range nilai yang menyebabkan A, B, C, D atau E.

Pertanyaan mendasar saat akan melakukan komplain nilai adalah: “Apakah saya harus melakukan pengecekan nilai dan juga komplain?” Jawabannya dikembalikan kepada pribadi masing-masing. Karena sejatinya kita sendirilah yang bisa mengukur apakah nilai yang tertera saat ini sesuai dengan usaha yang dilakukan pada semester tersebut. Jika dirasa sudah berupaya maksimal dan indikasi nilai dari dosen bagus, namun pada akhirnya kurang dari ekspektasi, maka silakan saja melakukan pengecekan dan bahkan komplain nilai ke BAAK. Karena penulis setuju dengan ungkapan: “Usaha tidak akan menghianati hasil”, namun tetap diiringi dengan tawakal, karena “Manusia berusaha, Allah yang menentukan”.

Lalu, “Apakah proses komplain nilai akan membuahkah hasil yang diharapkan?” Jawabannya adalah bisa “Ya”, bisa “Tidak”. Pada pengalaman penulis, setidaknya dengan melakukan pengecekan nilai, kita tahu pada komponen mana kita harus evaluasi. Namun penulis juga mendapatkan hasil yang diharapkan pada pengalaman yang lain.

Kronologinya adalah sbb:

  1. Rabu, 26 April 2017, penulis melakukan pengecekan nilai (dan bermaksud komplain) ke loket 3 BAAK terhadap 2 mata kuliah di semester lalu. Petugas menanyakan apakah mata kuliah yang ingin penulis cek tersebut mengandung praktikum penunjang (PP)? Maka penulis jawab, “Ya”. Lalu petugas menawarkan untuk dilakukan pengecekan pada semua mata kuliah lokal PP. Setelah dicek, ternyata dari 4 mata kuliah lokal PP, semua nilai praktikumnya 0. Padahal di semester lalu penulis selalu hadir praktikum dan ujian dengan baik. Berikut foto lembar nilai yang sudah dituliskan komponen nilainya:
    WhatsApp Image 2017-04-26 at 11.32.18
    Pada foto tersebut terlihat 3 komponen nilai berturut-turut UTS; UAS; PP (Praktikum Penunjang) serta nilai akhir dan range nilai akhir yang menyebabkan A, B, C, D, atau E. Misal pada mata kuliah Sistem Basis Data 1 tertera nilai UTS 94; UAS 76; PP 0 | nilai akhir 69,8 dan karena kurang dari sama dengan 78,7 maka nilai akhir masuk dalam rentang nilai B. Pada kasus mata kuliah ini, komposisi masing-masing komponen adalah 50% UTS, 30% UAS, 20% PP. Berbekal fotokopi kartu praktikum, petugas menerima komplain dari penulis seraya memberikan bukti komplain DNS (daftar nilai semester) sbb:
    WhatsApp Image 2017-04-26 at 11.32.18(1)
    Lembar kecil bukti komplain tersebut harus disimpan dan akan dibutuhkan pada saat komplain kembali jika pada tanggal selesai yang ditetapkan belum membuahkan hasil.
  2. Selasa, 16 Mei 2017, nilai keempat mata kuliah sudah berubah dan mengalami peningkatan. Artinya nilai praktikum sudah diinput petugas dan “mission accomplished” untuk sementara waktu. Kenapa? Karena masih ada 1 mata kuliah PP yang bukan lokal melainkan mata kuliah Ujian Utama (UU) yang harus dikomplen ke loket tersendiri, loket khusus UU yang hanya buka 2x dalam seminggu, itu pun cuma 1,5 jam saja!

Sebagai informasi tambahan, berikut beberapa foto yang bermanfaat saat berinteraksi dengan loket BAAK. Diantaranya adalah daftar pembagian loket serta jadwal buka loket khusus UU (yang bikin gemes):

Demikian informasi yang dapat penulis bagikan. Sebenarnya geram juga mengetahui fakta “ada komponen nilai yang luput diinput” oleh bagian penilaian. Jangan salahkan bila muncul anggapan bahwa kesalahan ini bukan yang pertama dan terakhir yang dilakukan bagian penilaian (dan/atau BAAK).

Sedikit curhat juga, beberapa kali penulis dibuat gemes karena saat ingin komplain ke loket UU ternyata ada pengumuman jadwal pelayanan baru yang cuma 2x seminggu di Senin (pkl 10:00 s/d 11:30) dan Jumat (pkl 13:00 s/d 14:30)! Giliran datang sesuai jadwal, petugas loket UU sengaja tidak menerima pelayanan (loket tutup) dengan alasan “sedang olah nilai”. Itu pun tanpa pemberitahuan apapun, baik di web maupun pengumuman di kertas yang ditempel di loket bahwa pelayanan UU tutup. Cukup menyebalkan, bukan? Bolak-balik ke kampus, izin di jam kerja hanya untuk dikecewakan oleh BAAK. Semoga BAAK secara khusus dan Universitas Gunadarma secara umum bisa dan mau berbenah diri dalam perbaikan kualitas pelayanan dan sistem yang ada di dalamnya.

Advertisements

6 thoughts on “Seluk beluk komplain nilai kuliah di Gunadarma…

  1. Mohon maaf ka, sebelum nya saya ingin bertanya untuk prosedur komplain nya berarti lngsng ke loket BAAK nya saja ya? Tidak perlu ke dosen yg bersangkutan untuk menanyakan nilai akhir yg diinput oleh dosen trsbt?
    Trims \^0^/

    1. Tanya ke dosen boleh, kalau memang dosennya enak, pasti diinfokan. Baru kalau dosen kasih nilai bagus tapi nilai di studentsite nggak bagus, bisa konfirmasi langsung ke loket baak dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan juga sesuai waktu dibukanya pengecekan/komplen nilai.

  2. Loket ujian utama kan berlaku tanggal 13 maret 2017 (semester ATA 2016/2017). Nilai ujian utama saya baru keluar. Saya ingin mengecek nilai aslinya. Brarti bisa mnggu ini kan ya sesuai jadwal?

      1. Maksud nya periode komplain bagaimana ya kak? Itu yg berlaku tgl 13 maret 2017 bukannya untuk semster ATA?

      2. Untuk jadwal komplain nilai di tiap semesternya, biasanya dibuka selama 1 bulan. Dan untuk pengecekan serta komplain nilai semester genap (ATA 16/17) saat ini belum tersedia (belum diumumkan di web baak). Biasanya dibuka beberapa minggu setelah pekan UAS & UU selesai. Sering cek web baak aja.

        Terkait tempelan jadwal yg berlaku 13 Maret 2017 itu bukan jadwal periode komplain, tapi jadwal bukanya loket UU.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s