Menelisik Lebih Dalam Struktur Organisasi Maskapai Penerbangan Nomor Wahid Negeri Ini

Mendengar kalimat “Maskapai Penerbangan Nomor Wahid Negeri Ini”, sudah barang tentu Garuda Indonesia lah yang ada dalam benak kita. Tak diragukan lagi, branding yang telah dilakukan memposisikan Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan kelas dunia yang harus diperhitungkan. Terlebih semenjak Skytrax, sebuah lembaga independen yang melakukan review dan memberikan peringkat maskapai penerbangan dunia, telah menganugerahi Garuda Indonesia sebagai The Worlds Most Improved Airline tahun 2010 di Hamburg, Jerman.

Sekilas Tentang Garuda Indonesia

Awal penerbangan komersialnya yang pertama, Garuda Indonesia diberikan nama “Indonesian Airways”, yakni pada 26 Januari 1949. Penerbangan komersial tersebut menggunakan pesawat DC-3 Dakota dengan registrasi RI 001 dari Calcutta ke Rangoon. Nama “Garuda” sendiri diberikan oleh presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno saat melakukan perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta pada 28 Desember 1949. Saat itulah pertama kalinya menggunakan nama “Garuda Indonesia Airways”.

logo-hires1

Selama dua dekade lebih, Garuda Indonesia telah melakukan revitalisasi dan restrukturisasi besar-besaran dalam hal kegiatan operasional dan manajemen. Termasuk dalam hal keuangan pun, Garuda Indonesia melakukan penyelesaian restrukturisasi utang perusahaan dan mencatatkan sahamnya ke publik pada 11 Februari 2011 dengan nama Garuda Indonesia (Persero) Tbk (Kode: GIAA).

Garuda Indonesia juga telah menaikkan standar pelayanan serta jangkauan operasionalnya di tingkat internasional dengan bergabung dengan aliansi global, SkyTeam pada 5 Maret 2014. Garuda Indonesia juga merupakan salah satu maskapai yang terdaftar sebagai IATA Operational Safety Audit (IOSA) Operator dan menerapkan standar kemanan dan keselamatan yang setara dengan maskapai internasional besar anggota IATA lainnya. Garuda Indonesia menerima sertifikat IOSA pada tahun 2008 lalu.

Struktur Organisasi Garuda Indonesia

Garuda Indonesia, yang notabene perusahaan yang bergerak di bidang Jasa Angkutan Udara Niaga saat ini merupakan organisasi berjenis niaga milik negara (BUMN), dengan kepemilikan saham lebih dari 60% yang tercatat dalam Bursa Efek Indonesia.

Struktur organisasi Garuda Indonesia dapat dilihat dalam bagan berikut:

structure-organization-id

Dilihat dari komponen penyusunnya, struktur organisasi tersebut adalah jenis struktur organisasi fungsional, dimana struktur organisasinya dibentuk atas dasar fungsi-fungsi setiap unit dan bagian dalam organisasinya.

Saat ini, kepemimpinan Garuda Indonesia ada pada M. Arif Wibowo yang menjabat sebagai Direktur Utama. Dalam menjalankan organisasinya, Direktur Utama dibantu oleh jajaran direksi lain yang terdiri dari: Direktur SDM & Umum, Direktur Keuangan & Manajemen Risiko, Direktur Operasi, Direktur Teknik & Teknologi Informasi, Direktur Layanan, serta Direktur Niaga.

Direktur SDM & Umum. Membawahi bagian Human Capital Management, Business Support & General Affairs, Learning & Development. Dan Sentra Bisnis Unit (SBU) Garuda Sentra Medika. Saat ini dijabat oleh Heriyanto Agung Putra.

Direktur Keuangan & Manajemen Risiko. Membawahi Financial Analysis, Treasury Management, Financial Accounting, Corporate Secretary, Legal & Investor Relations, Enterprise Risk Management. Saat ini dijabat oleh I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra.

Direktur Operasi. Membawahi Flight Operations, Operation Planning & Control, Operation Support, HAJJ & VVIP. Saat ini dijabat oleh Novijanto Herupratomo.

Direktur Teknik & Teknologi Informasi. Aircraft Maintenance Management, Airworthness Management, IT Strategy. Dan SBU Garuda Cargo. Saat ini dijabat oleh Iwan Joeniarto.

Direktur Layanan. Membawahi Ground Services, Inflight Services, Cabin Services. Saat ini dijabat oleh Nicodemus Panurung Lampe.

Direktur Niaga. Membawahi Marketing, Revenue Management, Customer Relationship Management, Alliance & Partnership Management. Saat ini dijabat oleh Handayani.

Dalam kegiatan operasionalnya, Direktur Utama diawasi oleh Business Strategy & Development, Acquisition & Aircraft Management, Corporate Quality, Safety & Environment Management, Corporate Communication, Internal Audit, Corporate Security.

Sumber Referensi

Bursa Efek Indonesia. Profil Perusahaan Tercatat [online]. Tersedia: http://www.idx.co.id/id-id/beranda/perusahaantercatat/profilperusahaantercatat.aspx [7 November 2015]

Garuda Indonesia. Organisasi Struktur [online]. Tersedia: https://www.garuda-indonesia.com/id/id/corporate-partners/organization/structure-organization.page? [7 November 2015]

Kompas. Garuda Raih Worlds Most Improved Airline [online]. Tersedia: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2010/05/24/14211949/Garuda.Raih.Worlds.Most.Improved.Airline [23 November 2015]

 

Advertisements